Langsung ke konten utama

GEMAR BERHIJAB

*HIJAB*

          Secara etimologi, hijab berasal dari kata arab yaitu hijjab yang berarti “penghalang”, namun secara pendefinisian kata hijab dimaknai sebagai tata cara berpakaian yang pantas bagi kaum wanita muslimah dan sesuai dengan tuntunan agama Islam. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak penelitian yang dilakukan oleh pakar mengenai manfaat hijab baik oleh pakar kriminalogi maupun pakar kesehatan (medis).
          Secara kriminalogi ternyata memakai hijab dapat menurunkan tingkat criminal terutama kategori pelecehan seksual sampai dengan tingkat pemerkosaan. Fakta yang didapat adalah tingkat kriminalitas seksual pada negara-negara yang masyarakatnya (kaum wanita) tidak behijab akan lebih tinggi dibandingkan pada negara-negara yang mayoritas penduduknya memakai hijab.
          Selain itu, dari sisi penelitian kesehatan (medis) ternyata memakai hijab faktanya akan memberikan manfaat kesehatan bagi sang pemakainya terutama dari adanya radiasi sinar ultra violet yang berlebihan dari sinar matahari. Seperti yang kita ketahui, walaupun sinar matahari berguna bagi kehidupan tetapi ternyata paparan ultra violet (UV) nya juga sangat berbahaya bila terkena kulit secara langsung dan terus menerus. Untuk itu hasil penelitian kesehatan telah memberikan beberapa fakta akan manfaat hijab terutama bagi kaum wanita yang memakainya. Apa saja manfaat hijab? Berikut ulasannya!

Pertama; *Berhijab Ternyata Memperlambat Penuaan Dini Kaum Wanita*,
Proses perlambatan penuaan ini  dapat terjadi, karena wanita berhijab lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari bahkan jika dibandingkan dengan wanita yang memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya.

Kedua; Ternyata *Hijab Dapat Menjaga Kesehatan Rambut Wanita*.
Kesehatan rambut wanita yang berhijab akan lebih terjaga, hal ini disebabkan hijab yang dipakai akan melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Menggunakan hijab adalah salah satu solusi para wanita dalam menjaga dan memilihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan ataupun ketombe.

Ketiga; *Berhijab Mampu Mencegah Terjadinya Kanker Kulit*. Kanker kulit adalah penyakit  yang terbentuk akibat adanya ketidakstabilan sel  kulit yang bisa dipicu oleh beberapa hal seperti zat kimia, radikal bebas dan paparan ultra violet sinar matahari. Kulit wanita memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan kulit pada seorang pria. Sinar Ultra Violet (UV)  matahari dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan merubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Untuk itu dengan memakai hijab yang sesuai ketentuan seorang wanita akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit.

Keempat; Berhijab Ampuh Mencegah Radang Kulit Bagian Luar (Solar Keratoses)
Radang kulit bagian luar merupakan kondisi kulit yang terlihat bersisik dan kasar akibat terkena paparan Ultra Violet (UV) sinar matahari. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut dapat mengarah pada timbulnya sel kanker. Dengan memakai hijab, semua bagian tubuh wanita akan terlindungi dari paparan UV sinar matahari terutama terhadap terjadinya radang kulit bagian luar (Solar Keratoses).

          Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai manfaat hijab bagi  kesehatan wanita, semoga artikel kesehatan ini bisa sedikit memberi pencerahan khususnya bagi para wanita yang memakai hijab agar tidak ragu dan tidak takut lagi untuk menjalaninya. Selain hijab merupakan keharusan untuk wanita muslimah dan cara hidup islam, secara fakta ternyata hijab juga telah terbukti secara ilmiah dan medis dalam hal memberikan manfaat kesehatan pada setiap pemakainya.

Jadi, masih yakin nih ga berhijab, ya Ukhti...

Wallahu'a'lam bish showab.
Semoga dapat diambil hikmah dan manfaatnya.

🛡 *DEPARTEMEN ISU DAN KEUMATAN* 🛡
_*LDK AL-HURRIYYAH 1438H*_



#Tegas
#Berkharisma

#AyoBerhijab
#AyoTutupAurat
#GEMAR2017


Sumber Utama : Wikipedia dan CaraMedis.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KEGIATAN ISRA' MI'RAJ SMAN 1 CIOMAS

Assalamu'alaikum_Wr.Wb. Ahlan Wa Sahlan di blog ini, semoga bisa bermanfaat. Pada kesempatan ini saya akan mempublikasikan contoh Laporan Kegiatan PHBI, yakni kegiatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Silahkan mengoreksi bila ada kesalahan penulisan, ejaan atau format yang salah ;) LAPORAN KEGIATAN ISRA' MI'RAJ PENDAHULUAN A.Latar Belakang Bismillahhirrahmaanirrahiim " Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui ." (Q.S. A l-Israa ': 1 ) Segala puji hanya bagi Allah SWT semata, hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya lah kita memohon pertolongan. Sholawat serta salam senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , dan juga kepada pengikutnya yang senantiasa istiqoma

Surat Izin Mabit

Assalamu'alaikum_Wr.Wb. Selamat siang sahabat islami, kali ini kami akan mempublikasikan tentang sebuah dokumen. Di SMAN 1 CIOMAS sering kali diadakan kegiatan Malam Binaan IMAN dan Takwa atau disingkat MABIT. Nih salah satu contohnya, memang tidak bagus sihh, tapi mungkin bisa menjadi referensi. hehe, mohon koreksi buat kedepannya yaa... ;) ROHANI ISLAMIYAH SMA NEGERI 1 CIOMAS Jl. Cibinong Ciomas Ds. Sukaharja Kec.Ciomas (0251) 863-210-6 Nomor             : B.00 3 /Rohis/ II /201 5 Hal                   : Izin Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa Lampiran         : - Kepada yth.                         Bapak Wakasek urs. Kesiswaan                         SMA Negeri 1 Ciomas                         Di Tempat                          Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh Dengan ini kami selaku pengurus Rohis SMAN 1 Ciomas memberitahukan tentang  Kegiatan Malam Bina Iman

Laporan Kegiatan MPLS SMAN 1 CIOMAS 2015

Laporan Kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) “ SMAN 1 Ciomas Tahun Pelajaran 2015/2016 ” Peace, Smart, and Active   J SMA NEGERI 1 CIOMAS Jl. Cibinong Desa Sukaharja Kec. Ciomas Bogor   (0251) 863-210-6 A.     Pendahuluan             Puji dan syukur kita panjatkan  kehadirat ALLAH SWT sehingga kami dapat menyusun dan menyajikan proposal tentang “Kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)” di SMAN 1 Ciomas. Laporan ini memaparkan pelaksanaan kegiatan MPLS. Dalam beberapa dekade ini, pendidikan selalu menjadi sorotan utama oleh berbagai kalangan khususnya dalam penerapan proses pendidikan secara keilmuan maupun non keilmuan. Pendidikan merupakan sebuah proses terus menerus selama manusia hidup. Dalam hal ini proses pendidikan tersebut dikate